BIMBINGAN TEKNIS DALAM PEMBUATAN HAND SANITIZER ALAMI DARI DAUN SIRIH DAN JERUK NIPIS KEPADA MASYARAKAT DESA MOLOSIPAT, KECAMATAN POSIGADAN, KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATA

  • Rini Daud Supu Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Keywords: Bimbingan teknis, Handsinitizer alami, Desa Molosipat

Abstract

Pembersih tangan atau hand sanitizer merupakan salah satu kebutuhan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Tujuan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu memberikan bimbingan teknis dalam pembuatan hand sanitizer alami dari daun sirih dan jeruk nipis kepada masyarakat Desa Molosipat, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kegiatan ini diawali dengan sosialisai pemberian materi terkait kegiatan tersebut dan selanjutnya pada tahapan pembuatan hand sanitizer alami dari daun sirih dan jeruk nipis. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan masyarakat dapat memahami dengan baik tentang pembuatan hand sanitizer alami dalam rangka mencegah penularan penyakit melalui sentuhan tangan dalam menjalankan aktifitasnya dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat.

References

Alawiyah, Aika Latifah Et Al. 2021. “Pelatihan Pembuatan Hand sanitizer Alami Dari Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Di Desa Salamnunggal.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(2): 117–26.
Asmana, Arezqi Tunggal, Minhatin Nisaatus Sholikhah, Juniati Ilma Muslikha, And Muhammad Fikhrul Umam. 2022. “Pelatihan Pembuatan Hand sanitizer Alami Dari Daun Sirih Dan Jeruk Nipis.” Jurnal Bakti Kita 03(01).
Nasrulloh, Muhammad Farid Et Al. 2022. “Pelatihan Pembuatan Hand sanitizer Dari Bahan Dapur Pada Masyarakat Desa Gabusbanaran.” Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1).
Parera, Lolita A M, Delsy A Dethan, Bella Theo T Pamungkas, And Ni Wayan O A C Dewi. 2021. “Pemanfaatan Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Dalam Pembuatan Hand sanitizer Herbal.” Kelimutu Journal Of Community Service (Kjcs) 1(1): 28–34.
Zulfa, Nada, And Noer Afifah. 2021. “Pemanfaatan Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Untuk Hand sanitizer.” 1(27).
Published
2023-06-06
How to Cite
Rini Daud Supu. (2023). BIMBINGAN TEKNIS DALAM PEMBUATAN HAND SANITIZER ALAMI DARI DAUN SIRIH DAN JERUK NIPIS KEPADA MASYARAKAT DESA MOLOSIPAT, KECAMATAN POSIGADAN, KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATA. Journal of Hulonthalo Service Society (JHSS) , 2(1), 63-70. https://doi.org/10.47918/jhss.v2i1.1177
Section
Journal of Hulonthalo Service Society