PENYULUHAN DAN EDUKASI TERKAIT PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG OBAT HERBAL DAN OBAT SINTETIK DI DESA MILONGADAA, KECAMATAN TOMINI, KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

  • Fildzah Istiqomah Dukalang Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Keywords: Desa Milangodaa, Pengetahuan, Obat herbal dan sintetik

Abstract

Penyuluhan dan edukasi terkait perbandingan tingkat pengetahuan masyarakat tentang obat herbal dan obat sintetik adalah sebuah upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat terkait manfaat, keamanan, dan efektivitas penggunaan obat herbal dan obat sintetik. Tinjauan masalah dalam penulisan ini adalah masyarakat Desa Milangodaa, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan pengetahuan masyarakat tentang obat herbal dan obat sintetik masih minim pengetahuan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan edukasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat herbal dan obat sintetik. Kegiatan ini dimulai dengan memberikan penyuluhan sosialisasi dan edukasi pada masayarakat Desa Milangodaa tentang perbandingan obat herbal dan obat sintetik. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat mengenal dan mengetahui dengan baik perbandingan obat herbal dan obat sintetik

References

Dewi, Ratna Sari, Putri Qurnia Pratiwi, Mira Febrina, And Nesa Agistia. 2022. “ Jurnal Kefarmasian Indonesia.” Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Tradisional Setelah Pemberian E-Booklet Di Kabupaten Karimun 12(2): 128– 36.
Kadek, Ni Et Al. 2020. “ Perlindungan Hukum Badan Pengawas Obat Dan Makanan ( Bpom ) Terhadap Peredaran Produk Jamu Yang Mengandung Bahan Kimia Obat Berbahaya.” Jurnal Analogi Hukum 2(2): 246– 51.
Lau, Sulfiyana H Ambo, And M Rahmat. 2019. “ Studi Perbandingan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Herbal Dan Obat Sintetik Di Campagayya Kelurahan Panaikang Kota Makassar.” 5: 33– 37.
Tuldjanah, Muthmainah, Erick Budiawan, And Trace Chintya Letana. 2023. “ Penyuluhan Swamedikasi Sediaan Obat Herbal Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Desa Sejahtera , Kecamatan Palolo , Kabupaten Sigi , Sulawesi Tengah.” 3(02): 75– 80.
Wulandari, Zainatul, Muh Ugiarto, And Ummul Hairah. 2017. “ Sistem Informasi Obat- Obatan Herbal.” Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi 2(1): 227– 34.
Zahrah Zakiyah, Nonik Ayu Wantini, Silvia Dewi Styaningrum. 2020. “ Peran Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Pada Manfaat Bahan Alam Sebagai Obat Tradisional.” Seminar Nasional Unriyo: 542– 47.
Published
2023-06-07
How to Cite
Fildzah Istiqomah Dukalang. (2023). PENYULUHAN DAN EDUKASI TERKAIT PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG OBAT HERBAL DAN OBAT SINTETIK DI DESA MILONGADAA, KECAMATAN TOMINI, KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN. Journal of Hulonthalo Service Society (JHSS) , 2(2), 170-176. https://doi.org/10.47918/jhss.v2i2.1183
Section
Journal of Hulonthalo Service Society