SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN DI RSUD KABUPATEN MAMUJU UTARA PROVINSI SULAWESI BARAT

  • Arpin
  • Ni Made Sutarmini
Keywords: sistem pencatatan dan pelaporan, rumah sakit

Abstract

Pembakuan dari sistem pelaporan rumah sakit merupakan landasan di dalam upaya memantapkan sistem informasi rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan sistem pencatatan dan pelaporan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Variabel dari penelitian ini adalah input, process dan output dalam sistem pencatatan dan pelaporan di rumah sakit. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara univariat dan disajikan dalam bentuk tabel beserta narasi. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan konsumen tidak bisa dipisahkan, hal ini terbukti dari semakin baik kualitas layanan dari ondikator variabel yang digunakan maka tingkat kepuasan konsumen akan semakin baik pula. Hal tersebut dilihat dari semua variabel yang digunakan bernilai positif. Dari ke-18 variabel yang disajikan, terdapat 14 variabel yang meme-nuhi syarat yang menjadi ukuran kualitas layanan dan diantara ke-14 variabel tersebut terdapat lima variabel yang sangat berpengaruh do-minan terhadap tingkat kepuasan konsumen yakni X1 (penampilan kar-yawan), X4 (kecepatan pelayanan karyawan), X13 (kemudahan lokasi pelayanan untuk dijangkau pelanggan), X17 (kenyamanan pelanggan dalam berbelanja), X18 (kebersihan area pelayanan)

Published
2020-09-28
How to Cite
Arpin, & Ni Made Sutarmini. (2020). SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN DI RSUD KABUPATEN MAMUJU UTARA PROVINSI SULAWESI BARAT. Journal of Health, Technology and Science (JHTS), 1(1), 7-11. https://doi.org/10.47918/jhts.v1i1.18