Peran Online Marketing terhadap Penjualan Produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Gorontalo

  • Aryati Hamzah
  • Sulastri H. Giu STIMB Gorontalo
Keywords: penjualan, online marketing, industri kecil menengah

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran pema-saran online (online marketing) dalam penjualan produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Gorontalo.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif, dengan lebih banyak bersifat uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pemasaran online (on-line marketing) dalam meningkatkan penjualan produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Gorontalo dapat membantu para produsen untuk memasarkan produk-produknya dengan biaya yang lebih murah dan lebih cepat dikenal oleh konsumen secara luas. Selain itu juga, pe-masaran online dapat meningkatkan pendapatan para pemilik Industri Kecil Menengah (IKM). Faktor-faktor penghambat yang dihadapi da-lam online marketing  yakni tingkat persaingan yang sangat tinggi kare-na banyak sekali produk yang di pasarkan di media sosial, kendala lainnya juga pada proses delivery atau pengiriman ada beberapa lokasi tertentu yang belum bisa di jangkau oleh kurir karena lokasi yang berada jauh dari tempat penjualan, sedangkan untuk penjualan online menggunakan jasa grab saat tidak ada jaringan maka sulit untuk memasarkan produk secara online

Published
2020-09-28
How to Cite
HamzahA., & Sulastri H. Giu. (2020). Peran Online Marketing terhadap Penjualan Produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Gorontalo. Journal of Economic, Business, and Administration (JEBA), 1(1), 70-76. https://doi.org/10.47918/.v1i1.11