Evaluasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Muhammadiyah Kota Gorontalo

  • Azis Rachman
  • Alpian Usman Program Pascasarjana STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: evaluasi kebijakan, mutu pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui kebijakan dana BOS dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kota Gorontalo; 2) mengetahui kebijakan dana BOS dalam rangka meningkatan prestasi non akademik siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kota Gorontalo; 3) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan dana BOS untuk peningkatan mutu pendidikan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam  dan dokumentasi. Teknik analisis data  dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kebijakan dana Bantu-an Operasional Sekolah (BOS) yang di berikan pemerintah kepada Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kota Gorontalo sudah berjalan dengan mestinya, akan tetapi sering mengalami keterlambatan pada saat pendistribusian ke madrasah-madrasah; 2) Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kota Gorontalo bisa di katakan baik dengan nilai rata-rata tingkat lulusan yang mencapai 100% hal ini di akibatkan dengan adanya program dana BOS yang cukup berhasil dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga kegiatan ekstrakokurikuler yang selalu di laksanakan oleh Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kota Gorontalo seperti Pramuka, Olimpiade KSM dan kegiatan lainnya di mana yang menopang itu adalah salah satunya dana BOS; 3) faktor yang sangat berpengaruh pada penggunaan dana BOS adalah adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yang dapat mengelola dana BOS dengan baik, Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM), komite madrasah dan yang paling utama adalah siswa itu sen-diri, faktor Penghambat pencairan dana BOS kadang mengalami keter-lambatan 2-3 bulan.

Published
2020-09-26
How to Cite
Azis Rachman, & Alpian Usman. (2020). Evaluasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Muhammadiyah Kota Gorontalo. Journal of Economic, Business, and Administration (JEBA), 1(1), 1-12. https://doi.org/10.47918/.v1i1.4