Transparansi dan Akuntabilitas Desa dalam Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango

  • Rizal
  • Hendra Gunibala Program Pascasarjana STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: transparansi, akuntabilitas, pengelolaan dana desa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui transparansi dan akun-tabilitas pengelolaan dana desa serta faktor-faktor penghambat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa di Kecamatan Bulawa Kab. Bone Bolango.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang detail mengenai suatu gejala atau feno-mena. Penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu bentuk penelitian yang di-tujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenome-na alamiah maupun fenomena buatan manusia. Jenis penelitian ini menjelas-kan fakta yang nampak bagaimana trasnparansi dana akuntabilitas desa da-lam pengelolaan keuangan dana desa di Kec. Bulawa Kab. Bone Bolango.

Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa masih kurang baik, hal tersebut ter-lihat dari keterlibatan masyarakat, pengendalian administrasi desa dan keter-sediaan laporan yang belum mudah diakses oleh masyarakat. Akuntabilitas proses dan akuntabilitas program sudah berjalan dengan baik, yang masih kurang adalah asas disiplin dan asas kepatuhan serta faktor-faktor peng-hambat yang sangat menonjol dalam pemenuhan transparansi dan akunta-bilitas adalah ketersediaan sarana dan prasarana penunjang administrasi di kantor desa dan ketersediaan sarana untuk pemberian saran dari masyarakat.

Saran Peneliti adalah kepala desa harus mampu melakukan pengenda-lian kepada pengelola keuangan desa, senantiasa melakukan pelatihan-pela-tihan kepada aparat desa, dapat memperhatikan fasilitas penunjang adminis-trasi di kantor desa serta memperhatikan sarana untuk saran dari warga desa

Published
2020-09-28
How to Cite
Rizal, & Hendra Gunibala. (2020). Transparansi dan Akuntabilitas Desa dalam Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango. Journal of Economic, Business, and Administration (JEBA), 1(1), 45-56. https://doi.org/10.47918/.v1i1.9