MENINGKATKAN USAHA PRODUKSI KACANG GARING GUNA PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN DI DESA PANGI

  • Mohammad Zulkarnain Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo
  • Titin Dunggio Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Febriyani Maiyo Universitas Bina Mandiri Gorontalo

Abstrak

Kacang Garing/Kacang Goreng adalah produk cemilan khas dari Desa Pangi, yang sudah terkenal sejak lama. Cita rasanya yang gurih dan sangat digemari lahir dari proses pembuatan yang unik dan secara tradisional dipertahankan secara turun temurun. Meski produk ini enak dan digemari tapi belum bisa mengangkat taraf hidup dan kesejahteraan para pengrajinnya. Usaha ini sangat potensial dikembangkan menjadi sektor bisnis yang menguntungkan. Visi bisnis, pengetahuan dan keterampilan bisnis pengrajin yang rendah membuat usaha ini sulit berkembang.

Permasalahan pokok terutama pada aktifitas pemasaran yang kurang baik, pengelolaan keuangan dan manajemen usaha termasuk pengembangan produk yang lemah. Bila hal ini dibenahi sangat memungkinkan untuk memperluas pasar ke wilayah lain di Indonesia sehingga omset usaha menjadi tinggi.

Program Pengabdian Masyarakat ini menjalin kerjasama dengan dua orang mitra pengrajin dimana para mitra akan dibekali ilmu dan keterampilan manajemen pemasaran dan manajemen produksi yang dibuat secara praktis ternyata mampu meningkatkan wawasan bisnis pengrajin dan mereka mampu menerapkan tehnik-tehnik pemasaran praktis, administrasi keuangan yang lebih rapi dan penanganan aspek produksi yang lebih efisien.

Program ini juga secara bertahap telah memperluas wilayah pemasaran dan konsumen yang lebih bervariasi. Bisnis ini bila serius ditangani dengan sentuhan tehnik manajemen profesional dapat diandalkan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pengrajin

Referensi

[1] Elisabeth, Paskah dan Chandra, 2012, Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), JMK, Vol 10 No. 2, Salatiga
[2] Endang, 2013, Peranan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Penjualan, Jurnal Ekonom, Vol 16, No 1, Medan.Imran Ukkas, 2017, Strategi dan Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), BERKEMAJUAN: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, VOLUME NOMOR 1 , Palopo.
[3] M. Saleh Lubis dan Asraf, 2017, Analisis Persepsi Atas Aspek Pemasaran Kacang Goreng Talu Serta Pengaruhnya pada Loyalitas Konsumen, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 5, Nomor 1, Simpang Empat, Pasaman Barat.
[4] Marzuki, 2007. Bertanam Kacang Tanah. Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta.
[5] Yusleli Herawati, 2011, Langkah Wirausaha dalam Meningkatkan dan Mengembangkan Usaha (Studi Kasus pada Catering Hidayah Palembang), Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-VI, Palemban
Diterbitkan
2023-03-02
Bagian
Journal of Hulonthalo Service Society