PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SITTI KHADIJAH GORONTALO

  • NURYANTI ANTUKAY Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Yolanda Ngabito
  • Imelda Mohammad
Kata Kunci: Citra Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan, SDM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Rumah Sakit dan kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Ibu dan anak Sitti Khadijah Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas pasien pada pasien rawat inap ruang anak, ruang interna, dan ruang nifas, yang dilihat dari SDM, pelayanan kesehatan dan juga fasilitas-fasilitas yang ada di RSIA. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.

Jenis data yang di gunakan Crosssectional yang bertujuan untuk menganalis Pengaruh antara variabel independen yang terdiri dari (Citra Rumah Sakit dan kualitas pelayanan) dan variabel dependen (Loyalitas pasien) Di RSIA Sitti Khadijah Kota Gorontalo. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari pasien dan keluarga pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang kemudian di analisis menggunakan uji chi-square

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien diperoleh nilai pvalue adalah 0,04 karena signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.04 ˂ 0.05). Jadi dapat disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak karena nilai signifikan yang didapatkan lebih kecil ˂ 0.04 dari hasil diatas bahwa citra rumah sakit dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien di ruangan rawat inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti khadijah Kota Gorontalo.

Referensi

[1] Afrizal and Suhardi, 2018. Pengaruh kualitas pelayanan, Citra Rumah Sakit dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien dan implikasinya pada loyalitas pasien
[2] Agung Sulistyo, Aris Gumilar, 2019. StudiCitra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit awal bros Tanggerang, 2019. Universitas Muhammadiyah Tanggerang
[3] Al Anfal, 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan tahun 2018.
[4] Febri Hadi Purnomo, 2019. Pengaruh citra Rumah Sakit dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien BPJS melalui kepuasan pada RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Skripsi Universitas Jember
[5] Hidajahningtyas, 2013, “Pengaruh Citra, Kualitas Layanan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Kabupaten Jember,” JEAM (Jurnal Ekonomi, Administrasi, danManajemen), Vol. 12, No. 1,
[6] Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
[7] Margita Enno Yunida, 2016. Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (studi pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri) skripsi program studi manajemen jurusan manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
[8] Metha Aryska, 2017. Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru)
[9] M. Andi Ardiyanto dan Tabrani, 2018. Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualita Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Umum kardinah Tegal)
[10] Nugi Mohammad Nugraha1, Asep Anwar, M. Sidik Priadana, Oktri Mohammad Firdaus, 2017. Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Implikasinya Pada Komunikasi Pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung
[11] (Permenkes RI No. 3 Tahun 2020).
[12] Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
[13] Sutrisno, 2015. Pengaruh Kualitas layanan, dan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pasien dan loyalitas Pasien di Rumah Sakit Tingkat II Tentara Nasional
[14] Wu, C (2011). “The Impact of Hospital Brand Image on servive Quality, Patient Satisfaction and Loyalty” Journal of Business Management Vol. 5(12)
[15] Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit fungsiRumah Sakit
Diterbitkan
2022-09-22