PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN, Frezy Paputungan, Sulastri Pua Age

PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN, Frezy Paputungan, Sulastri Pua Age

  • Frezy Paputungan LPPM Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Sulastri Age Poltekkes Kemenkes
Kata Kunci: Media Digital, Teknologi Pendidikan, Pembelajaran

Abstrak

Konten Digital pada perkembangan jaman dalam membangun ekosistem digital tentunya juga didukung dengan perilaku internet sehat, kedua hal ini menjadi penting dan tak bisa terpisahkan. Internet telah membuka berbagai pintu informasi yang berisi berbagai konten, baik konten positif dan konten negatif. Bila kita tidak memiliki bekal dalam cara pemanfaatannya maka internet akan menjadi momok bagi penggunanya. Oleh karena itu pembekalan dan menciptakan konten positif menjadi penting, memberikan edukasi berkesinambungan kepada setiap pengguna dan konten kreator, agar memiliki literasi yang baik dalam menggunakan teknologi digital, menjadikan internet sebagai bagian dari perangkat pembelajaran yang efektif dan positif. Konten digital akan berperan seperti mata uang dalam sebuah lingkungan digital sosial pendidikan, berbagai komunikasi akan diwakilkan dengan cara memutar atau memanfaatkan sebuah konten digital. Tentunya mode pengiriman konten digital kedepan akan menjadi lebih mudah, lebih murah, lebih cepat dan lebih bervariatif seiring dengan berkembangnya atau meningkatnya kapasitas (bandwidth), gawai yang lebih inovatif, dan juga mudahnya mendapatkan aplikasi serta ruang penyimpanan berbasis awan. Ekspektasi generasi masa kini akan berbeda dengan generasi sebelumnya, mereka akan membutuhkan praktik berbagi pengalaman melalui konten digital termasuk konten pembelajaran, berbagai media komunikasi digital akan menjadi lebih kaya dengan sumber ilmu serta konten digital. Di lain sisi, perangkat pendukung pembuatan konten kreatif dalam bentuk digital juga menjadi banyak pilihannya dan bersifat adaptif dengan kebutuhan pengguna maupun kebutuhan media distribusinya, kita juga sudah banyak menyaksikan bagaimana masyarakat pendidikan membuat berbagai konten digital lalu mendistribusikan secara masif, hebatnya konten yang dibuat dapat melintasi batas bahasa, batas budaya, batas usia dan batas-batas lain.

Referensi

(1) Lindsay Herbert. (2017). Digital Transformation : Build Your Organization’s Future for the Innovation Ages.
(2) Bastian, J, Winardi, R. D, & Fatmawati, D. (2018). Metoda Wawancara. Diambil tanggal 17 Desember 2019. Diambil dari https://researchgate.net/ publication/331556677.
(3) Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
(4) A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
(5) Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing Research: An Applied Approach. Harlow: Pearson Education Limited.
(6) Khairul Anam. 2021. EFEKTIFTAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR, Genderang Asa: Journal Of Primary Education.
Diterbitkan
2023-01-24