Tahapan Implementasi P5 di SMA NEGERI 2 GORONTALO

Tahapan Implementasi P5 di SMA NEGERI 2 GORONTALO

  • Zihan Usman Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Meilan Matiti Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Imam Mashudi Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Kata Kunci: Keywords: tahapan, Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila, Kurikulum Merdeka

Abstrak

SMA Negeri 2 Gorontalo merupakan salah satu sekolah yang ada di kota gorontalo tepatnya di jalan Rambutan, Buladu, Kecamatan Kota Barat. Dengan jumlah siswa kurang lebih 1400, dengan tenaga pendidik sekitar 87.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang tahapan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun hasil penelitian diperoleh dari dari wawancara. Hasil wawancara menunjukan bahwa pelaksanaan tahapan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berjalan dengan lancar dan efektif. Tahapan pembelajaran ini telah berjalan dan dilaksanakan di kelas 10 dan 11 sementara kelas 12 belum karena kelas tersebut adalah kelas ujian sehingga untuk menyesuaikan mengalassmi hambatan. Selain itu, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) juga sangat membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ada pun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tersebut melatih siswa untuk menjadi peserta didik yang unggul dan produktif. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila termasuk salah satu bagian dari implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan implementasi P5 dilakukan berdasarkan tahapan, dimana tahapan itu terbagi menjadi 4, yaitu: 1.) Pengenalan, 2.) Kegiatan eksplorasi, 3.) Belajar aksi, 4.) Hasilnya. Salah satu kegiatan P5 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo yaitu Tuja’I dimana Tuja’I merupakan salah satu adat Gorontalo yang harus diketahui oleh masyarakat Gorontalo terutama generasi penerus bangsa.

Referensi

(1) Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

(2) Septiani, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Pembelajaran Matematika dan Pelaksanaan P5 (Studi di SMAN 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421-435.

(3) Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(4) Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017).Marketing Research: An Applied Approach. Harlow: Pearson Education Limited.

Diterbitkan
2022-01-25