ANALISIS SAMPUL BUKU TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

ANALISIS SAMPUL BUKU TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

  • yurike bala Universitas bina mandiri gorontalo
  • Rahmat Olii
Kata Kunci: buku ajar, buku tematik, perkembangan, teknologi

Abstrak

Buku ajar sebagai buku pelajaran dalam bidang tertentu,yang merupakan sebagai sarana pembelajaran yang akan dikembangkan sesuai dengan kurikulum dalam kebijakan pembelajaran yang relavan. Salah satu buku ajar dalam bidang tertentu ialah buku tematik terpadu dengan judul buku tema 7 “ perkembangan teknologi” yang digunakan dijejang sekolah dasar kelas 3. Buku ini merupakan buku yang di susun da di persiapkan untuk pengimplementasi kurikulum 2013. Salah satu pendekatan pembelajaran yang harus digunakan dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu pendekatan scientific (pendekatan ilmiah). Perubahan yang sangat nyata dalam kurikulum 2013 adalah model pendekatan yang digunakan dan penerapan penilaian autentik (autentic assesment).  Dalam buku ini peserta didik akan belajar bagaimana perkemmbangan teknologi sesuai zaman. Hal ini dengan bertujuan agar peserta didik memahami fungsi teknologi yang mampu memudahkan pekerjaan manusia, di buku ini juga disertai gambar yang menarik seingga mampu menarik perhatian peserta didik untuk membacanya. Buku tematik ini merupakan buku yang panduan yang memudahkan para peserta didik aktif dalam pembelajaran. Buku ajar yang mengandug karakteristik pembelajaran tematik sehingga mampu mengoptimalkan proses pembelajaran. Buku ini sangat cocok untuk peserta didik di jenjang sekolah dasar. Selain itu fungsi buku ajar juga sebagai fasilitas bagi kegiatan belajar mandiri, baik tentang substansinya maupun tentang penyajiannya. Penggunaan buku ajar merupakan bagian dari budaya buku, yang menjadi salah satu tanda masyarakat maju. Dipandang dari proses pembelajaran , buku ajar memiliki peranan penting.

Referensi

[1] Suhardjono. (2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah diBidang Pendidikan Pengembangan Profesi. Kumpulan Naskah AA: Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: PAU P3AI Dirjen Dikti.
[2] Zainal Arifin Dan Adhi Setiyawan, Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT,
(Yogyakarta: T. Skripta Media Creative, 2012), h. 92.
[3] Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).
[4] Patria, A. S. (2018). Gambar Ilustrasi Buku Sekolah Dasar Ditinjau dari Teori Psikologi Persepsi.
http://repo.isi-dps.ac.id/255/1/Warna.pdf
Diterbitkan
2022-09-15