TUJUAN DAN MANFAAT PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF
TUJUAN DAN MANFAAT PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF
Abstrak
Pengembangan teknik pembelajaran emosional, seperti teknik terkait nilai yang menantang untuk diukur berdasarkan kesadaran yang dimiliki setiap orang. Setiap keadaan yang melibatkan konflik atau tantangan biasanya dihadapi dengan sikap yang merupakan cerminan dari nilainya. Proses pemodelan sering digunakan dalam fase pembentukan afektif dari strategi pembelajaran. Sebaliknya, model strategi pembelajaran emosional menggunakan model konsiderasi, model pertumbuhan kognitif, metode klarifikasi nilai, model moralitas kognitif, dan model nondirektif. Ciri-ciri dalam bidang pembelajaran emosional yang berkaitan dengan sikap, minat, nilai, moral, dan konsep diri. Seiring dengan komponen pengembangan keterampilan kognitif dan psikomotorik, sama pentingnya untuk menumbuhkan sikap siswa agar anak berperilaku
Referensi
(2) Ratna Wilis Dahar, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran,Jakarta : Erlangga. 2007, hal.123.
(3) Ratna Wilis Dahar, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran,Jakarta : Erlangga. 2007, hal.123.
(4) Paso, M., & Paputungan, F. (2021). Developmental Stage Criteria. Journal of Education and Culture (JEaC), 1(1), 1-7.
(5) Tohirin,Op. Cit. hal. 98
(6) Muh. Uzer Usman,Op, Cit, hal. 27
(7) http://hadirukiyah.blogspotcom/2009/08/pengukuran-ranah-kognitif-afektif-dan.html
(8) Frezy Paputungan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya Vol 2 No 2 (2022): Journal of Education and Culture. Publisher : LPPM UNiversitas Bina Mandiri Gorontalo