perkembangan,peserta didik,afekt TAHAP PERKEMBANGAN AFEKTIF PESERTA DIDIK

TAHAP PERKEMBANGAN AFEKTIF PESERTA DIDIK

  • Abd Rahman K. Ma'ruf Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Yurike Bala Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Kata Kunci: perkembangan, peserta didik, afektif

Abstrak

Dalam artikel ini membahas tentang tahap perkembangan afektif peserta  didik erkembangan afektif merupakan bagian penting dari perkembangan peserta didik, yang mempengaruhi cara mereka berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan orang lain. Artikel ini menjelaskan tentang pengertian perkembangan peserta didik dan tahap perkembangan afektif peserta didik. Artikel ini di sajikan dengan   menggunakan   metode kualitatif  yang menyajikan data deskipsi yang bersifat kualitatif. Perkembangan peserta didik afektif merupakan perkembangan yang berkaitan dengan aspek emosional dan psikologis dari peserta didik. Perkembangan afektif mencakup perubahan dalam sikap, nilai, keyakinan, dan emosi peserta didik. Aspek afektif juga mencakup kemampuan peserta didik untuk memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi mereka dengan baik, serta kemampuan mereka untuk mengembangkan hubungan yang sehat dan positif dengan orang lain.  Perkembangan afektif dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan.

sosial, keluarga, dan pengalaman pendidikan. Oleh karena itu, pendidik harus memperhatikan perkembangan afektif peserta didik dan memberikan dukungan yang tepat untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang secara emosional. Dari penjelasan tentang tahap-tahap perkembangan afektif pada peserta didik, dapat disimpulkan bahwa emosi dan perkembangan afektif memainkan peran penting dalam proses belajar-mengajar dan keberhasilan akademik anak. Oleh karena itu, guru dan orang tua perlu memahami tahap-tahap perkembangan afektif pada anak dan memberikan dukungan yang tepat untuk membantu anak mengembangkan aspek afektif mereka. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki tempo dan kecepatan perkembangan yang berbeda, sehingga pendekatan yang sensitif dan responsif harus digunakan untuk membantu setiap anak secara individu.

Referensi

[1]. https://juwilda.wordpress.com/2010/10/08/perkembangan-afektif-perkembangan-peserta-didik/
[2]. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
[3]. https://www.pinhome.id/blog/pengertian-perkembangan-peserta-didik-menurut-para-ahli-lengkap/
[4]. https://maglearning.id/2022/06/30/perkembangan-peserta-didik-aspek-kognitif-psikomotor-dan-afektif/
Diterbitkan
2022-09-27