TYPES OF AFFECTIVE ASSESSMENT JENIS PENILAIAN AFEKTIF

TYPES OF AFFECTIVE ASSESSMENT

  • Mutmainah Latabi Universitas bina mandiri gorontalo
  • Frezy Paputungan Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Kata Kunci: Jenis Penilaian Afektif, Perkembangan Afektif, Peserta Didik

Abstrak

Diketahui dengan baik bahwa belajar dipengaruhi oleh empat sifat afektif: (1) minat; (2) sikap; (3) konsep diri; dan (4) nilai. Tujuan penilaian afektif: 1) mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran akuntansi; hasil pengukuran sikap berguna untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa; 2) untuk mengetahui minat siswa terhadap mata pelajaran akuntansi, yang kemudian digunakan untuk meningkatkannya jika ternyata minat siswa rendah. 3) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, serta program yang harus diikuti siswa untuk menentukan jalur karir mereka. 4) Untuk mengungkapkan nilai-nilai pribadi; informasi diperoleh dalam bentuk nilai positif dan negatif, yang positif ditekankan dan yang negatif diminimalkan.

Referensi

(1) Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
(2) Ahmad Darmadji, “Ranah Afektif dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Penting Tapi Sering Terabaikan”, El-Tarbawi, Vol. 7 No. 1 (2014), 15.
(3) Laudria Nanda Prameswati, “Analisis Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa MTs dalam Perspektif Taksonomi Bloom”, Edudeena, Vol. 3 No. 2 (Juli, 2019), 73
(4) Paputungan, F. (2022). AFFECTIVE DEVELOPMENT THEORY. Journal of Education and Culture (JEaC), 2(2), 1-9.
Diterbitkan
2022-09-28