Implikasi Tugas-Tugas Perkembangan Remaja dalam Penyelenggaraan Pendidikan di SMK

Implications of Adolescent Developmental Tasks in Implementation of Education in SMK

  • Frezy Paputungan LPPM Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Kata Kunci: Tugas Perkembangan, Remaja, Pendidikan

Abstrak

Masa remaja seringkali dihubungkan dengan mitos dan stereotip mengenai penyimpangan dan ketidak wajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya teori-teori perkembangan yang membahas ketidakselarasan, gangguan emosi dan gangguan perilaku sebagai akibat dari tekanan-tekanan yang dialami remaja karena perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya maupun akibat perubahan lingkungan. Sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja, mereka juga dihadapkan pada tugas-tugas yang berbeda dari tugas pada masa kanak-kanak. Sebagaimana diketahui, dalam setiap fase perkembangan, termasuk pada masa remaja, individu memiliki tugas-tugas perkembangan yang harus dipenuhi. Apabila tugas-tugas tersebut berhasil diselesaikan dengan baik, maka akan tercapai kepuasan, kebahagian dan penerimaan dari lingkungan. Keberhasilan individu memenuhi tugas-tugas itu juga akan menentukan keberhasilan individu memenuhi tugas-tugas perkembangan pada fase berikutnya. Hurlock (1973) memberi batasan masa remaja berdasarkan usia kronologis, yaitu antara 13 hingga 18 tahun. Menurut Thornburgh (1982), batasan usia tersebut adalah batasan tradisional, sedangkan aliran kontemporer membatasi usia remaja antara 11 hingga 22 tahun.

Referensi

(1) Al-Mighwar, Muhammad. 2011. Psikologi Remaja. Bandung:Pustaka Setia.
(2) Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
(3) Ali dan Asrori. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
(4) Muhammad Ali, Perkembangan Peserta Didik, (Yogyakarta: Media Akademi, 2005), h.13.
(5) Sarwono. 2011. Psikologi Remaja. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
(6) PaputunganF., & MashudiI. (2022). IMPLEMENTATION OF DIGITAL LEARNING USING MEDIA IN EDUCATIONAL TECHNOLOGY IN THE SOCIETY 5.0 ERA IN SCHOOLS AND HIGHER EDUCATION (1): PENERAPAN PEMBELAJARAN DIGITAL MENGGUNAKAN MEDIA DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA ERA SOCIETY 5.0 DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI. Journal of Education and Culture (JEaC), 2(2), 1-7. https://doi.org/10.47918/jeac.v2i2.1044.
(7) Paputungan, F. (2023). Developmental Characteristics of Early Adulthood. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 1-9.


http://kangwahyu68.blogspot.com/2014/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

http://ulfahnurulwahdah.blogspot.com/2014/09/makalah-tugas-perkembangan-dan.html

https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/1508/5/118600270_FILE5.pdf
Diterbitkan
2023-01-12