-TEORI YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

TEORI YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

  • yurike bala Universitas bina mandiri gorontalo
  • Radityah Rahman Pakudu Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Sri Yulan Umar Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Kata Kunci: Teori-Teori,Pengaruh ,Perkembangan Dan Pertumbuhan

Abstrak

Pertumbuhan dan perkembangan manusia merupakan proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Artikel ini memberikan tinjauan tentang beberapa teori yang mempengaruhi pemahaman kita tentang perkembangan manusia. Teori-teori yang dibahas meliputi teori psikoanalisis oleh Sigmund Freud, teori pembelajaran oleh Ivan Pavlov, John Watson, dan B.F. Skinner, teori kognitif oleh Jean Piaget, teori sosial-kognitif oleh Albert Bandura, dan teori ekologi sistem oleh Urie Bronfenbrenner. Teori psikoanalisis menyoroti pentingnya pengalaman masa kanak-kanak dan hubungan dengan orang tua dalam membentuk perkembangan pribadi. Teori pembelajaran menekankan peran pembelajaran dan pengalaman dalam pertumbuhan individu, di mana lingkungan dan penguatan memainkan peran penting. Teori kognitif menjelaskan perkembangan berpikir manusia melalui tahap-tahap kognitif yang berbeda, dengan asimilasi, akomodasi, dan keseimbangan sebagai konsep utama. Teori sosial-kognitif menyoroti peran pengaruh sosial dan pengamatan dalam perkembangan manusia, di mana individu belajar melalui proses pengamatan dan peniruan terhadap orang-orang di sekitarnya. Terakhir, teori ekologi sistem menekankan pentingnya konteks sosial dan lingkungan dalam membentuk perkembangan manusia, dengan interaksi antara berbagai sistem yang saling terkait.seiring dengan penelitian dan pengamatan yang dilakukan oleh para ahli berbagai teori telah dikembangkan untuk menjelaskan factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembagan manusia. Melalui pemahaman tentang teori-teori ini, kita dapat memperoleh wawasan yang lebih komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena dengan mendalam dan dilakukan dengan mengumpulkan data sedalam-dalamnya selain itu tujuan penelitian ini juga sebagai bahan ajar yang diberikan kepada mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan semester 2 (genap).

Referensi

(1) Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta, CV.Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
(2) Soetjiningsih dan Ranuh, G. Tumbuh Kembang Anak Ed 2. Jakarta: EGC; 2013
(3) Agustina, Nora. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: DeepublishMuhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Bandung :PT Remaja Rosdakarya, 2011.
(4) B. Hurlock Elizabet, 2015, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Hidup Jakarta: Erlangga.Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran. 2008. Jakarta : Bumi Aksara.
(5) Paputungan, F. (2023). Developmental Characteristics of Early Adulthood. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 1-9.
Diterbitkan
2023-08-16