Description of the Application of the Quantum Teaching Method to Increasing Student Learning Motivation

Deskripsi Penerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa

  • Frezy Paputungan LPPM Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Abd Rahman K. Ma'ruf Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Kata Kunci: Metode Quantum, Motivasi, Pembelajaran

Abstrak

Di beberapa perguruan tinggi penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dan inovatif seringkali menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada muatan mata kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan semester ganjil setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian deskripsi dilaksanakan melalui observasi selama semester genap. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan yang terdiri dari 12 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa. Data hasil belajar mahasiswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir pelaksanaan pembelajaran. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar sebelum tindakan sebesar 62,78 dengan tingkat ketuntasan belajar 50,00% dan nilai rata-rata hasil belajar sesudah tindakan sebesar 75,00 dengan tingkat ketuntasan belajar 88,89%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa siswa. Implikasi penelitian ini adalah menumbuhkan rasa ingin tahu mahasiswa dan membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan agar memotivasi keaktifan siswa didalam proses pembelajaran sehingga mahasiswa mampu mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal.

Referensi

DAFTAR RUJUKAN
1. Hendrayana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) terhadap pemahaman konseptual matematis siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 186–199. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15385
2. Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210
3. Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591
4. Rochana, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang SMP dengan menggunakan model guided inquiry. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 219. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10659
5. Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas VII MTS Nu Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 60–67. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67
6. Widiyaningsih, E., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 98–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2886
7. Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395
8. Romadhoni, M. F., & Relmasira, S. C. (2018). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Quantum Teaching Dilihat Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 93–104. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p93-104
9. Arianti, R., & Herwandi, H. (2018). Implementation Of Quantum Teaching Models In Listening The Short Stories In SMA 2 Rambah Hilir (Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Menyimak Cerita Pendek Di SMA Negeri 2 Rambah Hilir). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 201–213. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2555
10. Mikaningsih, J. N. A. (2014). Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.54
11. Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 35(3). https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8253
12. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.
13. Wena, Made, 2009, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara Wibawa, B, dan Mukti, F, (2001), Media Pengajaran, Bandung: CV Maulana.
14. Kosasih , N,. Sumarna D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
15. Leasa, Ernawati. 2013. Penerapan Pendekatan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon. Prosiding FMIPA Universitas Pattimura ISBN 978-602-97522-0-5. Diunduh pada tanggal 12 Desember 2017.
16. Hamdayama, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter.Bogor : Ghalia Indonesia.
17. A, A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
18. A, M, Sardiman, 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Depok : Rajawali Pers.
19. Hamzah B. Uno, (2017) TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
20. Paputungan, F. (2023). EXPLORING STUDENT CHARACTERISTICS IN THE AGE OF COMMUNITY 5.0 STUDY OF THE IMPACT OF TECHNOLOGY AND DIGITALIZATION AT BINA MANDIRI UNIVERSITY GORONTALO. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(2), 141-171.
Diterbitkan
2023-09-05