PERAN GURU DALAM MENCEGAH KORUPSI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI KABUPATEN TOJO UNA-UNA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mencegah perilaku koruptif serta strategi pembelajaran nilai antikorupsi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kabupaten Tojo Una-una. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral sebagai pendidik karakter, teladan nilai-nilai moral, dan fasilitator pembelajaran etika. Strategi yang diterapkan meliputi pendekatan konkret dan visual, bermain peran, penguatan positif, serta integrasi nilai antikorupsi dalam kegiatan tematik. Pendekatan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan individual peserta didik berkebutuhan khusus, sehingga nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan integritas dapat dipahami secara efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara guru, kepala sekolah, orang tua, dan lingkungan dalam membentuk budaya antikorupsi sejak dini di sekolah luar biasa.






